SCIATICA Quick Fix – Cara KILAT Menyembuhkan Syaraf Kejepit

20 Dec

Sciatica pain, atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah “syaraf kejepit”, adalah satu kondisi yg sangat luar biasa mengganggu kualitas hidup penderitanya. Betapa tidak, gak ada angin gak ada badai, Anda bisa tiba-tiba pincang.. sakit tak tertahankan di bagian bokong atas.. dan pada puncak rasa sakitnya bikin Anda TIDAK MAMPU MELANGKAH SETAPAK PUN, sama sekali gak bisa bergerak. Buat berjalan keluar kamar menuju kamar mandi yg jaraknya cuma 3 meter saja, saya membutuhkan waktu 6-8 menit bolak-ik, dengan susah-payah bergelayutan pada objek-objek sekitar layaknya Spider-Man.

Merujuk pada skala 0-10, saya mengklasifikasikan sakitnya sciatica ini menjadi 3 level yaitu: ringan (skala 1-4), sedang (skala 5-7), dan berat/parah (6-10). Pada level ringan, kita masih bisa beraktivitas seperti biasa namun ada kesan “mengganjal” sedikit sakit di bokong atas. Biasanya orang sekitar tidak akan menyadari ada sesuatu jika masih di level ini. Pada level sedang, kita akan mulai berjalan pincang, tertatih-tatih, atau terseok-seok. Ini disebabkan karena kita harus menahan sakit yg lumayan setiap melangkahkan kaki. Orang sekitar biasanya mulai berkomentar karena melihat cara jalan kita yg mulai tidak wajar. Pada level berat, kita nyaris sudah tidak bisa melangkah. Menapakkan kaki saja akan langsung disambar oleh rasa sakit yg amat sangat di titik piriformis, boro-boro dipakai berjalan. Pada level ini, untuk berjalan sudah tidak mungkin, Anda sebaiknya dipapah atau menggunakan kursi roda/tongkat kruk untuk membantu berjalan –atau bergelayutan di objek-objek sekitar seperti yg saya ceritakan di atas.

Mengidap ini sejak 5-6 tahun lalu, saya secara konstan mencari solusi dan terobosan terbaru bagaimana mengatasi sciatica yg tiba-tiba ini, SECEPAT MUNGKIN, SESIMPLE MUNGKIN (tanpa alat aneh-aneh), SEMURAH MUNGKIN. Post kali ini adalah temuan terbaru saya, dan akan terus saya update jika ada metode yg lebih cepat, atau lebih simple, atau lebih murah. CATATAN: Ini bukan “tips”. Ini adalah fix yg sudah TERBUKTI BERHASIL, yg sudah sy aplikasikan sendiri bahkan di kondisi terparah (pain skala 8-10). Silakan disimak:

1. STRETCH your piriformis muscle

Saya sudah obrak-ik YouTube menyaksikan PULUHAN, kalau bukan RATUSAN, video tutorial mengenai pain relief untuk sciatica. Dari yoga, pilates, dengan bantuan lacrosse ball, tennis ball, foam roller, dsb SEMUA sudah saya lihat dan praktekkan.. dan stretching inilah yg paling ULTIMATE, paling cepat memberikan hasil, dan paling jauh mereduksi rasa sakitnya. Informasi saja, saya sudah berkali-kali mengalami skala 9 dan 10, tidak bisa jalan sama sekali, dan usai mempraktekkan ini 10-20 kali dalam sekitar 15 menit saja, rasa sakitnya langsung terjun bebas ke skala 1-2 saja. Ini betul-betul stretching DEWA… buktikan SEKARANG JUGA, di depan komputer, sambil Anda baca blog ini!

Satu lagi kelebihan yg tak terbantahkan dari stretching ini adalah.. bisa Anda lakukan di ruang terbuka publik, seperti di mall, kafe/restoran, di kantor, di kampus, atau di sekolah. Dan metode stretching ini juga sangat subtle, jadi orang-orang sekitar Anda TIDAK akan sadar sama sekali bhw Anda sedang kesakitan dan sedang melakukan stretching untuk mengatasinya 😉

2. Make friends with PAIN KILLER

Berikutnya kita membutuhkan sesuatu untuk “menambal” kondisi ini, agar selama kita menjalani terapi, kita tetap bisa menjalankan aktivitas seperti tidak terjadi apa-apa. JANGAN gunakan painkiller untuk rasa sakit skala 1-6, karena tidak worth it menurut saya. Jangan manja! Jika rasa sakit masih bisa kita tanggung, tanggunglah.. Jangan sampai tubuh Anda terbiasa enak, sakit sedikit langsung nagih painkiller.

Nah, untuk painkiller ini juga ada banyak sekali kategori maupun jenisnya.. namun sudah saya research yg TERBAIK, dengan side effect terminim, dan efektivitas yg tertinggi. Yg saya maksud adalah dari golongan NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflamatory Drugs) .. namun bukan aspirin, karena aspirin masih cukup banyak komplikasi side-effectnya. Adalah IBUPROFEN 400mg yg perlu Anda siapkan di dompet/tas kerja Anda sewaktu-waktu membutuhkan. Obat ini termasuk OTC (over the counter, atau obat bebas) jadi bisa Anda peroleh di apotek-apotek terdekat tanpa resep dokter.

Pengalaman saya, 1 butir pertama mungkin belum terlalu terasa efeknya.. namun setelah 2 butir rasa sakit sudah akan mulai jauh berkurang. Tapi JANGAN minum 2 butir sekaligus yah.. karena di petunjuknya hanya boleh 1 butir per minum, dan itu pun max. 3 butir per hari.

Bagi Anda yg khawatir dengan efek jangka panjak dari obat-obatan (Rx) dan lebih prefer sesuatu yg herbal.. ini juga sudah saya research luar-dalam, dan hasilnya adalah.. BROMELAIN. Belum saya test personally, but for your information, sepertinya ini gak dijual di Indonesia. Jadi harus order dari website luar… Nanti akan sy update jika sy sudah mencobanya sendiri.

3. Fix internally with MUSCLE RELAXANT

Terakhir.. ini sebetulnya perlu-perlu-nggak sih.. tp jika Anda concern dengan fix yg tuntas dan menyeluruh, ada baiknya Anda melirik muscle relaxant. Jadi approachnya yg kita bahas dari tadi adalah: stretching untuk memperbaiki fisik/mekaniknya, painkiller untuk menambal rasa sakitnya, dan terakhir ini muscle relaxant untuk mengendurkan/merelaksasi otot syaraf target yg tegang dan bermasalah.

Supplement yg kami rekomendasikan utk keperluan ini adalah MAGNESIUM. Dan dari sekian macam form dari magnesium, pilihlah salah satu dari dua yg terbaik: magnesium citrate atau magnesium malate. Mengapa magnesium? Silakan telusuri tautan berikut:

http://www.huffingtonpost.com/dr-mark-hyman/magnesium-the-most-powerf_b_425499.html

Pastikan Anda mengaplikasikan (1) & (2) dalam kedaduratan kasus sciatica Anda, dan dalam kurang dari 24 jam, Anda sudah akan bisa bergerak bebas kembali. Aplikasikan (3) jika Anda punya budget berlebih, atau jika masih terjadi kekambuhan (on and off) dalam beberapa hari.

 

Like it? Share it.

12 thoughts on “SCIATICA Quick Fix – Cara KILAT Menyembuhkan Syaraf Kejepit

  1. Bagaimana perkembangannya. Saya juga sedang treatment untuk case piriformis, mungkin bisa berbagi pengalaman yang bermanfaat. Semoga lekas sembuh kita semua. Amiin…

    Avin

  2. Btw gwe pernah dapat info stretching di atas dari temen gwe yg pernah tinggal di amrik and terbukti mantap sich. . .

  3. Saya uda nyoba gerakan ini tapi ada 2 gerakan tambahan yg saya tambah setelah nonton video ASKDOCTORJO di Youtube dan hasilx cukup lumayan bagus. Dari yg awalx kaki & pinggang kiri selalu keram dan nyeri tapi sekarang tinggal dikit aja rasa sakitnya. Menurut saya, saya harus ngurangi berat badan karena sewaktu berat saya 75kg saya tdk pernah sakit pinggang tpi stelah berat saya jadi 89 kg saya mulai merasakan sakit pinggan ampe keram pada kaki kiri. Perut saya juga agak membesar dan kemungkinan besar menjadi penyebab sakit pinggang karna pinggang saya ketarik ke depan oleh perut yg membuncit. Rata2 wanita hamil menderita sakit pinggan tetapi setelah melahirkan mereka tdk sakit pinggang lagi jadi menurut saya laki2 yg punya perut besar akan rentan terkena sakit pinggang yg mengakibatkan saraf terjepit.

  4. Thank you so much! Sy juga sedang mengalami Sciatica dan dokter syaraf langganan juga mengajari sy stretching yg sama persis seperti di link video Youtube diatas, hanya saja dlm posisi berbaring tiduran, sakit bgt, kayaknya posisi duduk spt di video lebih enak. TQ!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *