Mr. and Mrs. Single (2011) – When Good Marriage Turns Bad…

21 Jan

Gak sengaja lihat ada yg request film ini di Kaskus Theatre > Film China. Iseng download krn rating di imdb gak jelek2 amat (6.2 -> masih di atas 6) dan katanya ada Harlem Yu guest starring di film ini. Judulnya emang agak2 cheesy jadi smpt ragu jg pas mao download (reminded me of last year’s Mr. and Mrs. Incredible yg kacawww abiz film nya), tp karena inet lg nganggur gak ada download… yo wes lah, hajarrrrr.

Ternyata keputusan gue itu gak salah… ni film ajibbbb bgt, bleh.

Mr. and Mrs. Single (2011)

Mr. and Mrs. Single (2011)

Cerita berawal dari kehidupan pasangan harmonis-romantis, Mike Cui (Eason Chan) dan Jenny Zhang (Bai Bing), yg punya segala yg didambakan pasangan menikah di muka bumi… semua kecuali kemapanan finansial. Diceritakan, Mike yg gajinya tidak seberapa mulai pusing dikejar2 tagihan dsb, didatangi oleh sahabatnya Tony (Harlem Yu), yg seorang konsultan perusahaan parfum terkemuka, menawarkan peluang bergabung di perusahaannya. Mandy (Rene Liu) sang boss di perusahaan tsb. sedang membutuhkan assistant pribadi… dan kebetulan Tony diminta untuk menyeleksi para kandidat pelamar.

Tony meyakinkan Mike bhw semua “bisa diatur” olehnya, sehingga nantinya Mike pasti bakal terpilih… namun ada satu syarat “ringan” yg harus Mike jalani, yaitu dia harus berstatus SINGLE selama bekerja di perusahaan tsb. (karena Mandy ingin assistant nya fully dedicated). Meskipun awalnya ragu, karena desakan finansial, Mike pun akhirnya setuju untuk maju melamar keesokan harinya. Jadilah semua pelamar dikerjai oleh Tony hingga akhirnya gugur satu per satu… Singkat cerita, Mike pun terpilih sebagai assistant pribadi sang boss.

Semua berjalan lancar pada awalnya… gaji Mike melonjak beberapa kali lipat dibanding tempatnya bekerja semula. Jenny, istrinya, pun senang karena suaminya mulai menanjak karier nya. Namun seiring waktu berjalan, mulai muncul ketidakberesan2 dalam rumah tangga mereka sejak Mike pindah kerja. Kebetulan Jenny diberi buku “How to Tame Your Husband” oleh sahabat karibnya… yg mana di buku itu membahas ketidakwajaran2 tingkah suami yg mulai “berulah”: (1) Suami tidak langsung pulang sehabis bekerja atau sering lembur/over-time (2) Suami mulai tidak mengizinkan istri memakai uangnya (3) Suami mulai tidak mau membayar keperluan2 sang istri (4) Suami mulai tidak bergairah terhadap istri. Mike melanggar SEMUA dari keempat aturan tsb.

Tidak lama berselang, Jenny tidak sengaja menguping pembicaraan rekan2 sekantor Mike (mereka berdua bekerja di gedung yg sama, lantai yg berbeda) bahwa Mike masih single. Dilabraklah suaminya itu dan setelah ribut sebentar, Jenny pun mengalah dan mengizinkan suaminya berstatus “single”asalkan menjaga jarak 5 yard dari gadis2 cantik di kantornya. Mike pun setuju.

Namun keadaan bukan bertambah baik, justru sebaliknya. Mike semakin sering dihadapkan pada 2 pilihan: pekerjaan atau istri… dan Mike lebih sering memilih yg pertama –membuat Jenny meradang. Belakangan Jenny memergoki Mike diantar pulang dengan mesra oleh sang boss, dan ini memicu “perang dunia” kedua di rumah tangga mereka. Perang yg begitu besar sampai Jenny pun tidak ragu untuk berkonfrontasi langsung dengan sang boss di kantornya. Mike tidak senang dengan hal ini karena menganggap istrinya telah terlalu jauh melampaui teritorinya. Sementara itu, di belakang layar, sang boss mulai memberi perhatian lebih kepada Mike, di luar lingkup pekerjaan. Di titik ini, kehidupan rumah tangga Mike dan Jenny sudah di ujung tanduk…

Dan akhirnya Jenny menarik pelatuknya…

Ia minta bercerai setelah Mike langsung memberi hadiah cincin berlian sepulang dari business-trip dengan Mandy, sang boss. Menurut sahabatnya (yg memberikan buku “How to Tame Your Husband”), jika dalam business-trip tsb tidak terjadi apa2, maka setelah pulang Mike pun akan bersikap biasa2 saja. Namun jika dalam perjalanan itu “ada sesuatu”, maka Mike pasti akan bersikap sangat amat manis untuk menutupi perasaan bersalahnya. Buta dengan skenario2 yg memang sudah berkecamuk di dalam benaknya sejak lama, Jenny pun tidak tahan lagi dan memutuskan untuk berpisah… meskipun pada kenyataan yg tidak diketahuinya, Mike telah berusaha mati2an untuk remain faithful to her.

Ada quote bagus yg dikatakan oleh Mike di kantor catatan sipil saat mereka akan menandatangani surat cerai…

“Honey, it wasn’t your fault… I just didn’t know you well enough.
I promised no matter what happens, I’ll always make you happy.
I only want you to know… I’ll do what you want.”

Maksudnya di sini adalah, Mike sebetulnya sangat sayang pada istrinya dan tidak ingin bercerai. Namun jika hanya dengan bercerailah si istrinya baru bisa merasa bahagia lagi, maka ia pun rela melakukannya. Boy, that’s DEEP… Ini baru namanya unselfish, unconditional love, yg jarang sekali kita saksikan di film2 roman Hollywood yg selalu berujung happy ending.

My rating: 9/10. Penyuka film drama pasti enjoy bgt up and down nya film ini… dan overall gak terlalu berat juga koq. Banyak adegan lucu dan komikal yg disajikan untuk membuat atmosfir film ini tetap ringan sampai akhir. Highly recommended buat pasanga2 yg baru aj married!

P.S. Btw, Bai Bing di sini sama Bai Jing yg main “Kung Fu Wing Chun” (2010) itu kakak-beradik yah? Mirip bgt gila, muka dan acting nya… <3 <3 <3

Like it? Share it.

2 thoughts on “Mr. and Mrs. Single (2011) – When Good Marriage Turns Bad…

  1. nice review bro. kemarin juga baru nonton di celestial movies. ga beneran dari awal sih (nonton pas mike cuinya mau masuk kerja).

    rating aku 8/10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *