Mencairkan Dana Jaminan Kartu Kredit BCA Anda

18 Jan

Klo beberapa hari yg kita sudah membahas bagaimana memperoleh kartu kredit TANPA slip gaji lewat apa yg namanya Kartu Kredit BCA “DENGAN JAMINAN” (baca selengkapnya di post ini), kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana proses membebaskan dana jaminan tsb. Apa saja yg dibutuhkan, bagaimana prosedur step by step nya, dsb. So, here goes…

Langkah yg pertama yg harus Anda lakukan adalah mengeluarkan kartu kredit VISA Batman (atau MasterCard Tazmanian Devil) dari dompet Anda dan mengecek tanggal “GOOD THRU” (expiration date) nya. Berlaku sampai bulan dan tahun berapakah kartu Anda? Jika sudah, potong 4 tahun dari situ (masa berlaku kartuĀ  kredit BCA, baik VISA maupun MasterCard, adalah 4 tahun) untuk mendapatkan bulan dan tahun pembuatan kartu kredit Anda.

Contoh: Di kartu Anda tertera “06/14” -> ini berarti kartu Anda berlaku sampai bulan Juni 2014. Jika Anda kurangkan 4 tahun dari tanggal tsb maka Anda akan mendapatkan 06/10 atau Juni 2010, yg dapat dipastikan merupakan tanggal pembuatan kartu kredit yg sedang berada di tangan Anda. Sekarang, perhatikan baik-baik… syarat pertama untuk melakukan pencairan dana jaminan kartu kredit BCA adalah: kartu Anda harus sudah berusia DI ATAS SATU TAHUN.

Jadi, dengan contoh yg tadi, 1 tahun dari Juni 2010 adalah Juni 2011… dan karena hari ini sudah Januari 2012, maka Anda BERHAK mengajukan pencairan dana jaminan. Saya katakan “berhak” karena PENGAJUAN pencairan Anda belum tentu di-approve… alias masih harus di-asses oleh pihak Card Center mereka.

Sekarang mari kita bahas syarat yg kedua… dan ini adalah point PENTING alasan pengajuan pertama saya gagal kemarin. Syarat keduanya yaitu: kartu kredit Anda sedang dalam status “aman” alias TIDAK OVER LIMIT. Jadi jika Anda punya kartu Silver, maka cek billing Anda dan pastikan tagihan terakhir Anda TIDAK LEBIH DARI Rp. 4 juta. Jika kartu Anda Gold, maka pastikan tagihan terakhir Anda TIDAK LEBIH DARI Rp.8 juta. Untuk mudahnya, Anda bisa login ke KlikBCA Individu Anda, klik Credit Card Information > Balance Summary. Lihat di bagianĀ  Available Credit Limit nya jangan sampai ada tanda “dalam kurung” ( ), misalnya… Rp. (200.000,00) -> ini berarti tagihan Anda sudah OVER LIMIT sebesar Rp. 200rb. Jika sampai over limit, pastikan Anda BAYAR DULU tagihan minimum nya lalu cek kembali untuk memastikan Available Credit Limit Anda sudah tidak bersaldo minus.

Terakhir, untuk memulai proses pencairan dana jaminan, Anda dapat menghubungi HaloBCA di 500-888. Ketika sudah ada CS bagian kartu kredit yg mengangkat, katakan bahwa Anda ingin “mengajukan pencairan dana jaminan kartu kredit“. CS akan memverifikasi Anda dengan berbagai pertanyaan private lalu Anda akan dibuatkan laporan pengajuannya. Pastikan Anda diberitahu NOMOR PENGAJUAN nya agar dapat Anda cek status nya dalam beberapa hari ke depan, apakah di-approve atau ditolak.

Dibutuhkan 5 hari kerja untuk memproses permohonan Anda, dan jika Anda dipandang “qualified” makan di hari ke-5 akan ada CS yg menghubungi Anda untuk sekali lagi memverifikasi data-data pribadi Anda untuk dicocokkan dengan yg ada di file mereka. Lepas dari tahap ini, Anda pun diminta menunggu kembali selama 3 hari kerja. Jika permohonan pencairan dana Anda disetujui, maka selamat… uangnya akan langsung masuk ke rekening Anda!

Like it? Share it.

3 thoughts on “Mencairkan Dana Jaminan Kartu Kredit BCA Anda

  1. Saya sdh 3tahun Pakan credit card BCA dgn limid 5jt Dan uang jaminan 6jt serta sdh 4x mengajukan pembebasan jaminan tapi sampai skrg tidak acc. Pdhl sy ga pernah Telat bayar tagihan krn sdh auto debit.. Sama juga bohong kan… Selama 3tahun kalo buat modal usaha sdh bisa berlipat2 uang 6jt itu, tapi ini Malah ditahan sama BCA.
    Limid kecil,pake uang jaminan..dah gitu susah bgt minta Balik apa yang jadi hak kita.. Kaya orang ngemis Aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *