How to Create Animated Avatar for Your Blackberry Messenger

14 Jan

Beberapa hari yg lalu, aplikasi Blackberry Messenger –atau lebih popular dgn nama BBM, mengeluarkan update terbarunya v6.1.0.49. Sebelum melakukan update, saya baca change log nya, tertulis bahwa pada versi ini BBM sudah support animated avatar. Tergelitik ingin melihat bagaimana foto diri ini jika ditampilkan bergerak (animated) di aplikasi BBM, maka saya pun segera membuatnya. Singkat cerita, avatar saya menjadi avatar bergerak pertama di lingkaran pertemanan BBM saya, dan teman2 pun ramai menanyakan bagaimana cara membuatnya. So, here goes…

Sebagai permulaan, saya beritahukan dulu bahwa ada 2 syarat animated avatar untuk bisa ditampilkan di BBM, yaitu:

a. Besar file maksimal adalah tidak lebih dari 32 KiloBytes (< 32 KB).

b. Dimensi avatar harus berbentuk kotak (square), tidak boleh persegi panjang atau bentuk lain.

Syarat ketiga yg sebetulnya bukan syarat… adalah, avatar Anda sudah dalam format animated GIF (nama file berakhiran *.gif).

Selanjutnya ada baiknya kita mengenal 2 macam animated avatar yg dapat kita buat untuk keperluan ini:

1. Animated avatar “biasa” (kartun sederhana)

Untuk jenis yg pertama ini Anda tidak perlu bersusah-payah membuatnya sendiri. Sudah banyak bertebaran di Internet kartun2 yg bebas Anda download gratis. Ingat, cari yg formatnya sudah *.gif, pastikan gambarnya bergerak (ya iya lahhh…), berdimensi kotak, dan besar file di bawah 32KB. Sebagai contoh, hari ini saya mendapat pesan broadcast BBM dari teman yg memberikan 10 link animated avatar Hamtaro (si hamster lucu.. hehe), lalu ada lagi teman yg sudah memasang avatar pocong melompat2 ke kanan dan ke kiri, dsb.

Lalu jika Anda mempunyai beberapa gambar yg ingin Anda tampilkan beranimasi silih-berganti, bagaimana merangkainya?

Untuk melakukan itu, Anda memerlukan software khusus seperti Ulead GIF Animator (-> ini software berbayar, jika ingin tidak bayar silakan cari sendiri bajakannya yah… hehehe). Sofrware ini sangat intuitif sehingga meskipun Anda newbie, Anda akan dapat membuat animasi dari nol tanpa kesulitan. Anda tinggal memasukkan gambar2 yg diinginkan ke dalam frame2 yg tersedia dan menentukan durasi waktunya sehingga animasinya mengalir sesuai keinginan.

2. Animated avatar LIVE (foto diri Anda yg bergerak2 spt video)

Pilihan ini khusus buat Anda yg ingin tampil otentik dan tiada duanya seperti saya, hahaha… Cara membuatnya cukup rumit (karena batasan 32KB itu tadi), namun setelah jadi rasanya pasti puas bgt 😀 Cara membuatnya begini…

a. Anda rekam dulu video Anda menggunakan kamera saku/kamera handphone/web-cam. Saya sarankan durasinya tidak lebih dari 5 s/d 7 detik, agar muat dalam besar file size yg ditentukan < 32KB.

b. Download program Format Factory di sini (FREE!) -> http://www.formatoz.com/
Program ini sangat powerful mengubah semua format (audio, video, picture) ke semua format yg lain dengan tingkat akurasi yg cukup mengagumkan untuk ukuran software gratisan. Kita akan menggunakan salah satu fiturnya yaitu meng-convert video menjadi animated picture.

c. Install Format Factory di komputer Anda (Windows only) lalu jalankan programnya.

d. Di  tampilan awal program ini, perhatikan panel di sebelah kiri. Anda secara default akan berada pada tab “Video”, jadi silakan Anda langsung mencari icon “All to GIF” dan klik di situ.

avatar bbm 01

e. Anda kan masuk ke dialog box “All to GIF”. Di sini pertama2 Anda klik dulu tombol “Output Settings” lalu lakukan perubahan2 berikut ini:

– Video Size: 50 x 50
– Bitrate (KB/s): 256
– FPS: 3
– Aspect Ratio: Fully Expand

avatar-bbm-03

Jika sudah, klik “OK”, atau bisa juga Anda simpan sbg format profile yg baru dgn meng-klik tombol “Save As”.

f. Klik tombol “Add File” dan cari video yg tadi Anda buat di point (a) lalu double-click file video nya atau klik “Open”.

g. Seluruh konfigurasi yg diperlukan sudah selesai, sekarang Anda bisa klik “OK” yg ada di sudut kanan atas.

h. Video to GIF Anda akan masuk ke dalam “new task”. Sekarang Anda tinggal meng-klik tombol Start (segitiga hijau) yg ada di tengah bagian atas.

avatar-bbm-05

i. Voila! Animated avatar Anda sudah jadi!
Sekarang tinggal klik-kanan di task tsb dan pilih “Open Output Folder”. Pastikan avatar Anda sudah berukuran di bawah 32KB. Jika belum, berarti video Anda masih kepanjangan… silakan rekam ulang yg lebih pendek atau jika Anda tau caranya, cut-edit video Anda tsb di bagian2 yg tidak perlu sehingga ukurannya menjadi lebih kecil, lalu ulangi proses di atas mulai dari point (d).

g. Silakan Anda kirim animated avatar Anda via e-mail untuk dibuka di Blackberry, atau gunakan kabel data bawan BB Anda.

That’s all, folks! Jika ada pertanyaan silakan post di bagian comment di bawah ini.

Good luck… and have fun!

new bbm avatar

=>> contoh hasil akhirnya klo udh jadi… hehehe.

 

Like it? Share it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *