Apply Kartu Kredit Anda Ditolak Melulu? Ini Solusinya!

14 Jan
VISA Batman BCA

VISA Batman BCA

Bagi Anda pelaku online business Indonesia yg belum tau, Anda dapat memiliki kartu kredit VISA sungguhan (bukan VCC, virtual credit card, spt yg dijual di forum2) dengan syarat yg ringan dan mudah melalui bank sejuta umat BCA.

Seperti sudah kita ketahui bersama, sangatlah sulit bagi kita pelaku bisnis online di tanah air untuk mendapatkan kartu kredit, karena 99% bank provider pasti akan meminta SLIP GAJI. Jika Anda tidak punya, maka diasumsikan bhw Anda adalah “pengusaha” (kakap?) dan mereka akan meminta SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Dalam kurun 2005-2009 saya berjibaku untuk urusan yg satu ini (meng-apply kartu kredit) dan sudah ditolak oleh paling sedikit 7 kali dari 4 bank yg berbeda. Berikut adalah prosedur yg sudah saya tempuh dan buktikan sendiri keberhasilannya (sekarang saya menggunakan VISA Batman sbg backup fund PayPal saya):

1. Datangi BCA cabang terdekat di kota Anda
Jangan lupa bawa fotocopy KTP dan KK sebagai dokumen pendukung. Di sini saya highly recommend Anda pergi ke Kantor Cabang Utama (KCU) dan bukan Kantor Cabang Pembantu (KCP) untuk memudahkan urusan ke depannya. Pengalaman pribadi ngurus apa2 di KCP ribet, harus nunggu keputusan dari KCU juga ujung2nya…

2. Temui CS yg di bagian depan, bukan teller tempat Anda biasa menyetor/mengambil uang.
Katakan bahwa Anda ingin meng-apply kartu kredit DENGAN JAMINAN. Penting! Sekali lagi kata kuncinya adalah “dengan jaminan”. Jika tidak, bisa dipastikan Anda akan dibawa melalui jalur “biasa” yg mengharuskan Anda memiliki slip gaji atau SIUP.

3. CS akan dengan senang hati membantu Anda mengajukan permohonan kartu kredit.
Awalnya Anda akan ditanya ingin mengajukan untuk kartu VISA (Batman) atau MasterCard (Tazmanian Devil). Go for the VISA! Bukan karena saya fans berat Zhang Zi Yi, bintang iklan VISA yg popular di Indonesia sekitar 10 thn yg lalu, namun sepanjang pengetahuan saya reliability VISA masih di atas MasterCard untuk keperluan transaksi online (no offense buat yg megang MasterCard). Selanjutnya silakan isi form yg disediakan atau jika CS nya mood nya sedang bagus, form nya akan diisikan untuk Anda. Serahkan fotocopy KTP dan KK Anda, dan Anda silakan cuci mata menyapu ruangan memandangi CS yg cantik2…

4. CS akan menanyakan jumlah uang yg bersedia Anda jaminkan. Di sini pilihannya (seingat saya) ada dua:

a. Rp.4.000.000,- untuk kartu Silver dengan limit Rp.4 juta per bulan.
b. Rp.8.000.000,- untuk kartu Gold dengan limit Rp.8 juta per bulan.

*Saya tidak ingat apakah ada opsi untuk Platinum atau tidak, namun jika ada bisa dipastikan besarannya adalah Rp.12 juta atau Rp.16 juta.

Saya sarankan Anda untuk mengambil the highest you can afford (yg tertinggi yg Anda mampu) karena, lagi-lagi dari pengalaman pribadi, kartu kredit dengan limit kecil hanya akan merepotkan untuk urusan ke depannya. Yg sudah saya buktikan sendiri adalah jika berhubungan dengan subscription/membership… 95% kartu Anda akan ditolak oleh merchant jika limit kartu Anda kecil. Belum lagi ada merchant2 yg “rese” yg milih2 kartu berlimit tinggi saja yg diapprove transaksinya. Pokoknya gitu deh, sebisa mungkin ambil yg paling tinggi. (Saya pribadi ambil yg Gold)

5. Setelah mengisi data2 yg sesuai dengan credentials Anda di KTP dan KK, Anda akan ditanyakan nomor telepon kerabat yg tidak serumah.

Nah, ini kudu Anda persiapkan dulu sebelum berangkat ke bank… Pilih satu dari sekian banyak saudara atau teman Anda yg memang percaya penuh kepada Anda dan bersedia dihubungi jika kredit Anda bermasalah. Pilih orang yg supportive terhadap Anda dan bisnis Anda, jangan orang yg kira2 bakal sengaja menjatuhkan Anda (so pasti jangan pilih musuh Anda di kantor).

Pilih juga orang yg punya availability tinggi (sering di rumah, atau selalu menjawab telepon tidak pernah dibiarkan berdering panjang sampai mati sendiri). Nantinya pihak card center akan meng-kontak orang ini untuk memverifikasi beberapa hal tentang Anda, jadi pastikan Anda memberitahu rekan Anda ini bahwa mereka akan ditelepon BCA dalam 3-4 minggu ke depan, dan mintalah dia untuk bekerja sama. Jika sampai ketika BCA menelepon, orang ini menjawab “tidak kenal” dengan Anda… pupuslah harapan Anda untuk memiliki kartu kredit BCA dgn mudah, atau setidaknya Anda harus menunggu 6 bulan untuk apply ulang. So don’t mess with this step!

Setelah semuanya selesai, Anda diminta menunggu 21 hari kalau tidak salah untuk mereka memproses permohonan Anda. Baik diterima ataupun ditolak, Anda akan menerima notifikasi via SMS ke handphone Anda. Anda juga bisa mengecek status aplikasi kartu kredit Anda melalui telepon HaloBCA di nomor 500-888.

Semoga berhasil dan selamat berbisnis online!

Like it? Share it.

29 thoughts on “Apply Kartu Kredit Anda Ditolak Melulu? Ini Solusinya!

  1. Pingback: Mencairkan Dana Jaminan Kartu Kredit BCA Anda « RayAbraham.com

  2. Udah 1bulan lebih ngajuin Bca platinum batik, dengan document ktp+skp di atas 20jt
    Tpi ga jelas, belom dapat comfrim sms /tlfon aproved ato gak.

  3. ^ini bukan sekedar “program” tp sudah lebih ke “policy” nya BCA gan… jadi jawabannya adalah MASIH BERLAKU dan AKAN TETAP TERUS BERLAKU. Kalau ada perubahan pasti di-update di post ini. Tq.

  4. @andri – sudah dijelaskan di post di atas. ini sifatnya adalah “Jaminan” jadi uangnya akan ditahan SEMENTARA. setelah track record Anda terbukti bagus (1-2 tahun.. lupa) Anda berhak meminta jaminan dikembalikan UTUH tidak berkurang satu sen pun.. tinggal datangi CS di cabang Anda meng-apply “kartu kredit dgn jaminan” tsb. Tq.

  5. @Ray: Sy kmaren nanya ke KCP BCA di surabaya, CS mereka bilang bahwa BCA sudah tidak melayani kartu kredit dengan jaminan tersebut. Ini yg bener yang mana mas?

  6. first time ane apply CC BCA, sudah 2 bulan, sekarang entah proses sampek dimana. yang terakhir cuman dapet sms dri bca sruh hubungi 1500888. pas ane hubungi ane bingung mau ngomong apa. 😀

    • Saat call HaloBCA, tekan extension yg utk masuk ke bagian aplikasi kartu kredit gan.. lalu tanyakan di sana, apakah aplikasi CC agan diterima atau tidak.. nanti biasanya ditanya tanggal lahir.. lalu dicek sm CS nya, approved atau tidak.. gak sampai 5 menit beres.

  7. Kalo kartu kredit pake jaminan mending Debit Card aja atuh bro…..sama aja boong klo kartu kredit pake jaminan mah….

  8. Mas.. Numpang tanya saya ada ajukan kk bca krn di tawarin terus 2 minggu di sms dari bca kk nya blm bisa di setujui tp kemarin dpt sms lagi katanya selamat kk kamu di setujui … Jd mana yg bnr ya mas kalau mau tanya hub kemana ya

  9. Sekarang masih berlaku gak bro?

    Ane tempo hari ke CS bca ngomong kaya gitu, CS nya nanya ke senior / boss nya gitu trus balik lagi bilang kalo apply via jalur biasa aja. Atau gak semua bca bisa ya?

    • Coba ke KCU (Kantor Cabang Utama) gan, mungkin KCP (Kantor Cabang Pembantu) ada keterbatasan2 atau training nya kurang 🙂 Setau ane sampai hari ini masih bisa.

  10. Kak, aku kan pake credit card batman juga. Tarik tunai di atm bca mana2 ga bisa. Kalau kaka biasanya tarik tunai pake kartu kredit bca batman di atm mana ya? Pliss kasih tau ya. Aku udah coba ke atm atm di lepehin terus kartu ku

    • @DIka – Wahduhh gan.. jangan cari penyakit, ambil tunai pake CC gan. Emang blm tau kalo BUNGA CC TARIK TUNAI ITU DAHSYAT MENCEKIK bisa bikin gantung diri lohhh… Orang bilang tarik tunai CC sama aja kayak pinjam sm lintah darat, gan!!

      Baguslah dilepehin terus kartunya.. mungkin itu jalan dari Yg Di Atas buat agan jangan samp kejeblos terjerat ke lubang hitam yg satu itu… Susah keluarnya gan klo udah kejeblos!

  11. Gan apakah pengajuan cc model ini yang mendepositkan uang kita dulu udah pasti di terima ? Walaupun pernah mengajukan yang biasa namun ditolak terus.

    • Hampir pasti diterima. Yah, 95% ke atas lah gan…

      Karena bank “nothing to lose”, toh dana agan udah dikunci jd gak bisa diambil dari tabungan.. seandainya ada apa2 (agan kabur) pun, mereka nggak rugi apa2… dan jangan lupa kartu kredit sendiri sifat dasarnya sudah memiliki “limit” sebagai proteksi bagi bank, jadi agan juga gak akan bisa spending > lebih besar dari limit agan.

  12. Tp gan seminggu kemaren ane coba ajuin lewat jalur deposit dibilangnya udah ga boleh sama BI, terus ane beralasan mau ke luar negeri tp si cs nya nyaranin buat yg jalur biasa katanya ntar kalo di acc bisa pake jaminan buat keluar negeri tapi ntar kalo udah balik dari luar negeri musti dibalikin cc nya laaah ko aneh ya

  13. gan limit 4 jeti cukup gak sih kalo buat main di fb ads? maksudnya gak bakal ngerepotin kayak yang agan bilang ini: “kartu kredit dengan limit kecil hanya akan merepotkan untuk urusan ke depannya”?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *