Apply Kartu Kredit Anda Ditolak Melulu? Ini Solusinya!

VISA Batman BCA

VISA Batman BCA

Bagi Anda pelaku online business Indonesia yg belum tau, Anda dapat memiliki kartu kredit VISA sungguhan (bukan VCC, virtual credit card, spt yg dijual di forum2) dengan syarat yg ringan dan mudah melalui bank sejuta umat BCA.

Seperti sudah kita ketahui bersama, sangatlah sulit bagi kita pelaku bisnis online di tanah air untuk mendapatkan kartu kredit, karena 99% bank provider pasti akan meminta SLIP GAJI. Jika Anda tidak punya, maka diasumsikan bhw Anda adalah “pengusaha” (kakap?) dan mereka akan meminta SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Dalam kurun 2005-2009 saya berjibaku untuk urusan yg satu ini (meng-apply kartu kredit) dan sudah ditolak oleh paling sedikit 7 kali dari 4 bank yg berbeda. Berikut adalah prosedur yg sudah saya tempuh dan buktikan sendiri keberhasilannya (sekarang saya menggunakan VISA Batman sbg backup fund PayPal saya):

1. Datangi BCA cabang terdekat di kota Anda
Jangan lupa bawa fotocopy KTP dan KK sebagai dokumen pendukung. Di sini saya highly recommend Anda pergi ke Kantor Cabang Utama (KCU) dan bukan Kantor Cabang Pembantu (KCP) untuk memudahkan urusan ke depannya. Pengalaman pribadi ngurus apa2 di KCP ribet, harus nunggu keputusan dari KCU juga ujung2nya…

2. Temui CS yg di bagian depan, bukan teller tempat Anda biasa menyetor/mengambil uang.
Katakan bahwa Anda ingin meng-apply kartu kredit DENGAN JAMINAN. Penting! Sekali lagi kata kuncinya adalah “dengan jaminan”. Jika tidak, bisa dipastikan Anda akan dibawa melalui jalur “biasa” yg mengharuskan Anda memiliki slip gaji atau SIUP.

3. CS akan dengan senang hati membantu Anda mengajukan permohonan kartu kredit.
Awalnya Anda akan ditanya ingin mengajukan untuk kartu VISA (Batman) atau MasterCard (Tazmanian Devil). Go for the VISA! Bukan karena saya fans berat Zhang Zi Yi, bintang iklan VISA yg popular di Indonesia sekitar 10 thn yg lalu, namun sepanjang pengetahuan saya reliability VISA masih di atas MasterCard untuk keperluan transaksi online (no offense buat yg megang MasterCard). Selanjutnya silakan isi form yg disediakan atau jika CS nya mood nya sedang bagus, form nya akan diisikan untuk Anda. Serahkan fotocopy KTP dan KK Anda, dan Anda silakan cuci mata menyapu ruangan memandangi CS yg cantik2…

4. CS akan menanyakan jumlah uang yg bersedia Anda jaminkan. Di sini pilihannya (seingat saya) ada dua:

a. Rp.4.000.000,- untuk kartu Silver dengan limit Rp.4 juta per bulan.
b. Rp.8.000.000,- untuk kartu Gold dengan limit Rp.8 juta per bulan.

*Saya tidak ingat apakah ada opsi untuk Platinum atau tidak, namun jika ada bisa dipastikan besarannya adalah Rp.12 juta atau Rp.16 juta.

Saya sarankan Anda untuk mengambil the highest you can afford (yg tertinggi yg Anda mampu) karena, lagi-lagi dari pengalaman pribadi, kartu kredit dengan limit kecil hanya akan merepotkan untuk urusan ke depannya. Yg sudah saya buktikan sendiri adalah jika berhubungan dengan subscription/membership… 95% kartu Anda akan ditolak oleh merchant jika limit kartu Anda kecil. Belum lagi ada merchant2 yg “rese” yg milih2 kartu berlimit tinggi saja yg diapprove transaksinya. Pokoknya gitu deh, sebisa mungkin ambil yg paling tinggi. (Saya pribadi ambil yg Gold)

5. Setelah mengisi data2 yg sesuai dengan credentials Anda di KTP dan KK, Anda akan ditanyakan nomor telepon kerabat yg tidak serumah.

Nah, ini kudu Anda persiapkan dulu sebelum berangkat ke bank… Pilih satu dari sekian banyak saudara atau teman Anda yg memang percaya penuh kepada Anda dan bersedia dihubungi jika kredit Anda bermasalah. Pilih orang yg supportive terhadap Anda dan bisnis Anda, jangan orang yg kira2 bakal sengaja menjatuhkan Anda (so pasti jangan pilih musuh Anda di kantor).

Pilih juga orang yg punya availability tinggi (sering di rumah, atau selalu menjawab telepon tidak pernah dibiarkan berdering panjang sampai mati sendiri). Nantinya pihak card center akan meng-kontak orang ini untuk memverifikasi beberapa hal tentang Anda, jadi pastikan Anda memberitahu rekan Anda ini bahwa mereka akan ditelepon BCA dalam 3-4 minggu ke depan, dan mintalah dia untuk bekerja sama. Jika sampai ketika BCA menelepon, orang ini menjawab “tidak kenal” dengan Anda… pupuslah harapan Anda untuk memiliki kartu kredit BCA dgn mudah, atau setidaknya Anda harus menunggu 6 bulan untuk apply ulang. So don’t mess with this step!

Setelah semuanya selesai, Anda diminta menunggu 21 hari kalau tidak salah untuk mereka memproses permohonan Anda. Baik diterima ataupun ditolak, Anda akan menerima notifikasi via SMS ke handphone Anda. Anda juga bisa mengecek status aplikasi kartu kredit Anda melalui telepon HaloBCA di nomor 500-888.

Semoga berhasil dan selamat berbisnis online!

Like it? Share it.
This entry was posted in Online Business. Bookmark the permalink.

5 Responses to Apply Kartu Kredit Anda Ditolak Melulu? Ini Solusinya!

  1. Pingback: Mencairkan Dana Jaminan Kartu Kredit BCA Anda « RayAbraham.com

  2. wah memang benar gak mudah juga untuk mengurus kartu kredit ini..

    Tapi apabila sudah ada salah satu, kita bakal mudah urus yang lainnya..

    Lumayan buat gesek tunai, dan tambah2 modal usaha hehe

  3. Kartu kredit memang penting banget tuk pebisnis online..
    Harus siapin 4-8 juta dulu nich.

  4. siti says:

    Katanya per oktober 2012 dah ga bisa mas, bener ga ?

  5. andri says:

    uang yang di jaminkan akan di ambil pihak bank bca enggak senilai 4-8jt?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>